Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Kelamin ?

Macro Shot of Gray Crawling Insect

Pexels.com

Kutu kemaluan adalah serangga yang sangat kecil yang menyerang daerah genital Anda. Ada tiga jenis kutu yang menyerang manusia, yaitu :

– pediculus humanus capitis: kutu kepala

–  humanus corporis: kutu tubuh

– phthirus pubis: kutu kemaluan

Kutu memakan darah manusia dan menyebabkan gatal-gatal hebat di daerah yang terkena. Kutu kemaluan biasanya hidup di daerah rambut kemaluan dan disebarkan melalui kontak seksual. Dalam kasus yang jarang terjadi, mereka dapat ditemukan di bulu mata, rambut ketiak, dan rambut wajah. Kutu kemaluan seringkali lebih kecil dari kutu tubuh dan kepala. Infestasi kutu kemaluan lebih sering terjadi pada orang yang memiliki infeksi menular seksual.

Diagnosa

Dokter biasanya dapat mengkonfirmasi infestasi kutu kemaluan melalui pemeriksaan visual area kemaluan Anda. Kehadiran kutu bergerak mengkonfirmasi infestasi. Telur kutu (nits) juga dapat mengindikasikan infestasi. Namun, dapat menempel pada rambut dan hadir, meskipun tidak lagi hidup, bahkan setelah perawatan berhasil. Cara menghilangkan kutu kelamin pun beragam, Anda bisa menyesuaikan dengan cara yang bisa Anda jangkau.

Pengobatan

Jika lotion atau sampo yang dijual bebas (Nix, Rid, yang lain) tidakbisa digunakan sebagai cara menghilankan kutu kelamin Anda, dokter mungkin akan meresepkan perawatan yang lebih kuat, seperti :

– Malathion (Ovide). Anda menerapkan lotion resep ini ke daerah yang terkena dan mencucinya setelah 8 hingga 12 jam.

– Ivermectin (Stromectol). Obat ini digunakan sebagai dosis tunggal dua pil, dengan opsi untuk mengambil dosis lain dalam 10 hari jika pengobatan awalnya tidak berhasil.

– Lindane. Karena toksisitasnya, lindane biasanya diresepkan hanya ketika perawatan lain gagal. Anda menerapkan lindane ke daerah yang terkena dan mencucinya setelah empat menit. Ini tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui, bayi atau anak kecil, orang tua, atau siapa saja yang beratnya kurang dari 110 pound.

– Perawatan bulu mata dan alis. Jika kutu kemaluan ditemukan di bulu mata dan alis, Anda bisa mengobatinya dengan mengoleskan petroleum jelly dengan cotton bud di malam hari dan mencucinya di pagi hari. Perawatan ini mungkin perlu diulang selama beberapa minggu, dan dapat mengiritasi mata jika digunakan secara tidak benar.

Cara Menghilangkan Kutu Kelamin

1. Hapus Kutu dan Telur

Gunakan lotion yang dijual bebas atau sampo anti-kutu. Ikuti instruksi pada label. Shampo akan membunuh kutu, tetapi telur – telur kutu tetap ada di batang rambut. Setelah perawatan, lepaskan nits dengan kuku, pinset, atau sisir bergigi halus. Cermin, kaca pembesar, dan cahaya terang dapat membantu.

2. Hentikan Penyebaran

Periksa anggota keluarga lainnya. Siapa pun yang tidur di ranjang yang sama dengan orang tersebut harus dirawat, bahkan jika tidak ada kutu kemaluan yang ditemukan. Cuci pakaian, tempat tidur, atau handuk yang digunakan oleh orang tersebut dalam dua hari sebelum perawatan. Gunakan air panas. Cuci kering atau simpan Barang yang tidak bisa dicuci dalam kantong plastik selama 2 minggu.

Anda juga perlu mendekontaminasi rumah Anda. Bersihkan seluruh rumah dan bersihkan kamar mandi dengan larutan pemutih. Cuci semua handuk, selimut, dan pakaian dalam air panas, dan keringkan dengan menggunakan pengaturan tertinggi. Jika Anda tidak bisa mencuci atau mengeringkan pakaian dengan pakaian tertentu, masukkan ke dalam kantong plastik kedap udara selama 72 jam.

3. Tindak Lanjut

Perawatan mungkin perlu diulangi 9 hingga 10 hari kemudian. Hindari kontak seksual sampai orang tersebut dan pasangan seksualnya dirawat dan dievaluasi kembali. Perawatan untuk kutu kemaluan terdiri dari dekontaminasi diri Anda, pakaian Anda, dan tempat tidur Anda. Lotion topikal dan sampo dapat digunakan untuk menghilangkan kutu kemaluan dari tubuh Anda. Perawatan ini termasuk lotion permethrin: RID, Nix, dan A-200. Tanyakan kepada dokter Anda produk mana yang aman untuk digunakan jika Anda sedang hamil atau menyusui, atau sedang merawat bayi untuk kutu kemaluan.

4. Lihat Penyedia Perawatan Kesehatan

Untuk diperiksa penyakit menular seksual lainnya. Jika putaran kedua perawatan tanpa resep tidak efektif, Anda bisa meminta bantuan Dokter untuk sebagai upaya terakhir cara menghilangkan kutu kelamin. Gatal dapat bertahan selama satu atau dua minggu karena tubuh Anda bekerja melalui reaksi alergi terhadap gigitan. Jangan ragu berkonsulasti dengan dokter jika Anda melihat pembengkakan, perubahan warna kulit, atau drainase dari luka.

Sumber :

www.webmd.com 

www.healthline.com 

www.mayoclinic.org 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*